(HUMAS – 29 April 2024) – Saat ini informasi berkembang pesat terutama di era ilmu pengetahuan dan teknologi digital. Hal ini disebabkan oleh dampak keterbukaan dan penyebaran informasi dan pengetahuan dari berbagai belahan dunia yang dapat melampaui batas jarak, lokasi, ruang dan waktu. Teknologi saat ini pada dasarnya adalah suatu proses penyempurnaan produk manufaktur sehingga menjadi sangat berguna. Meluasnya penggunaan smartphone dalam kehidupan sehari-hari kini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran dengan didukung aplikasi berbasis android.
Pembelajaran di era digital memerlukan pengajaran dan pembelajaran komunikasi interaktif, dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi secara ekstensif serta penggunaan komputer dan internet, smartphone bekerja dengan banyak aplikasi yang berbeda. Pembelajaran di era digital memang menerapkan mekanisme pembelajaran berbasis digital. Pembelajaran ini diawali dengan perencanaan serta metode penyampaian materi pembelajaran. Fungsi pembelajaran digital meliputi fungsi pelengkap dan fungsi alternatif. Fungsi pelengkap adalah pembelajaran dengan kebebasan memilih, sedangkan fungsi alternatif adalah pembelajaran yang memanfaatkan sejumlah model alternatif dari kegiatan pembelajaran. Contoh fungsi pelengkap adalah e-learning terprogram yang digunakan untuk melengkapi materi pembelajaran siswa di kelas
Saat ini sebagian besar siswa mengetahui dan menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari, sehingga guru dapat lebih mudah mendorong siswa untuk menggunakan smartphone dalam proses pembelajaran. Penggunaan smartphone dalam pembelajaran dapat digunakan untuk menyampaikan informasi secara sinkron dan asinkron, serta dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa sehingga berperan sebagai media transmisi informasi pembelajaran. Selain sebagai sarana belajar, penggunaan smartphone juga dapat mempengaruhi pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar, yaitu berupa motivasi dan hasil belajar bagi siswa.
Di era digital saat ini, perubahan teknologi dan informasi membawa dampak positif dan negatif, gaya masyarakat pun tidak lagi jauh dari produk elektronik yang dimilikinya. Ada beberapa pengaruh positif dan negatif yang perlu kita waspadai.
Dampak positif smartphone terhadap pembelajaran siswa di era digital:
- Mengakses Informasi Dengan Cepat dan Mudah
Dengan smartphone, siswa dapat dengan mudah mengakses informasi pendidikan terkini dan bahan referensi dari berbagai sumber. Hal ini membantu meningkatkan pemahaman dan pengetahuan mereka.
- Aplikasi Pendidikan
Ada berbagai macam aplikasi pendidikan yang bisa diunduh di smartphone, seperti aplikasi untuk belajar matematika, bahasa dan ilmu pengetahuan lainnya. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk belajar secara interaktif dan mandiri.
- Pembelajaran Kolaboratif
Smartphone memungkinkan siswa berkomunikasi dan berkolaborasi dalam tugas belajar. Melalui aplikasi perpesanan atau platform pembelajaran online siswa dapat berbagi ide, mengajukan pertanyaan dan mengerjakan proyek kelompok bersama.
Dampak negatif smartphone terhadap pembelajaran siswa di era digital:
- Gangguan Perhatian
Penggunaan smartphone dalam belajar dapat menjadi penyebab hilangnya konsentrasi belajar. Notifikasi dari aplikasi atau pesan media sosial dapat mengalihkan perhatian siswa dari materi kelas.
- Potensi Kecanduan
Penggunaan ponsel pintar secara berlebihan dapat menimbulkan potensi kecanduan, apalagi jika digunakan untuk tujuan hiburan. Hal ini dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran.
- Ketimpangan Akses
Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi, sehingga penggunaan smartphone dalam pembelajaran dapat memperlebar kesenjangan digital antar siswa.
Untuk itu, berikut ini ada beberapa saran terkait kebijakan penggunaan smartphone:
- Pola Penggunaan yang Bijaksana
Penting bagi pendidik dan orang tua untuk memberikan bimbingan tentang cara menggunakan ponsel pintar dengan bijak. Siswa perlu memahami kapan dan bagaimana menggunakan ponsel secara efektif.
- Mengintegrasikan Teknologi ke Dalam Kurikulum
Pendidikan dapat mengintegrasikan teknologi, termasuk integrasi ponsel pintar ke dalam kurikulum untuk meningkatkan keterampilan digital siswa. Pembelajaran online dan sumber daya digital dapat diintegrasikan ke dalam kursus.
- Pelatihan Guru
Guru perlu dilatih bagaimana memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran, termasuk telepon pintar. Hal ini dapat meningkatkan efektivitas penggunaan teknologi dalam pengajaran.
Kesimpulannya adalah, penggunaan smartphone dalam pembelajaran siswa di era digital mempunyai dampak positif dan negatif. Dengan kemampuan manajemen dan integrasi yang baik, smartphone dapat menjadi alat yang berguna untuk mendukung pembelajaran. Penting bagi sekolah dan guru untuk memahami tantangan yang ada dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memaksimalkan manfaat dan meminimalkan risiko penggunaan ponsel pintar di lingkungan pendidikan. (Written by Trisandro). FYZ
mantaffff
Siap abangda
Pembelajaran secara smartphone seperti mata pedang.
Waah, ada tambahan lagi dari penulisnya, mantap 🙂
Tetap…perlu pendampingan dan pengawasan dari orang tua…
Tumbuh kembang anak tidak bisa lepas begitu aj kepada sekolah..
Terima kasih banyak atas feedbacknya Ibu Ketua Komite, sehat selalu Buk 🙂
Menarik dan tepat sasaran. Menunjukkan konteks zaman di mana teknologi digital semakin berkembang pesat dan memengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Secara keseluruhan, judul artikel ini singkat, padat, dan informatif, serta mampu menarik perhatian kami selaku pembaca untuk mengetahui lebih lanjut tentang potensi smartphone dalam pembelajaran siswa di era digital.
Media-media elekteronik yang ada saat ini mmg perlu disikapi dengan bijak dan diawasi dengan baik, terutama dalam konteks penggunaannya oleh siswa, jadi harus ada upaya pengontrolan yang konsisten agar media-media tersebut bisa digunakan dengan baik dan benar-benar bermanfaat.